Foto saya
Saya asal Bandung, domisili Jakarta. Blog ini berisi tentang kehidupan, bisnis, dll. Email:agam616@yahoo.com

24.6.08

Belajar Bisnis Property : Kos-Kosan

Apakah Anda pernah bermain Cashflow Game 101, karya Robert T. Kiyosaki? Jika belum, sangat saya rekomendasikan untuk mencoba bermain. Disamping mengajarkan kita prinsip-prinsip dasar aliran kas (cashflow), juga mengajarkan kita bagaimana bebas secara keuangan (financial freedom). Rumus mudahnya bebas keuangan adalah:
FF = PI > Expenses

Financial Freedom (FF/ kebebasan finansial), akan tercapai saat Passive Income (PI/ pendapatan pasif) lebih besar dari Expenses (pengeluaran) kita. Jadi syarat mutlaknya, penghasilan Anda harus bersifat pasif (PI) alias "tidak kerja dapat duit". Misalnya, PI Anda 10 juta/ bulan, sedangkan pengeluaran (kebutuhan bulanan) 15 juta, maka Anda belum bisa disebut FF. Namun jika Anda bisa menambah PI Anda menjadi 20 juta, maka Anda telah bebas secara finansial atau dalam kata lain "Gak usah kerja, tetap dapat duit".

Kategory PI...
Banyak cara untuk mendapatkan PI, antara lain menciptakan bisnis sampai tersistem (bisa jalan tanpa Anda), sebagai investor di bisnis, saham, dan investasi lainnya yang menghasilkan return, atau memiliki property yang yang menghasilkan income bulanan/tahunan. Mari kita fokuskan ke sesuatu yang mudah kita realisasikan, yaitu property. Pendapatan dari property, bisa diperoleh dari menyewakan/ kontrak pertahun, bisa juga perbulan. Biasanya penyewaan property bulanan, banyak diterapkan di rumah-rumah kos.

Rumah Kos merupakan investasi yang menarik bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Namun hal itu hanya akan terjadi jika kita cermat memilihnya. Contoh, dijual rumah kos dg harga 200 juta, 15 kamar, dengan sewa 300 ribu/ kamar. Bagaimana menurut Anda? Dengan asumsi Anda mengeluarkan uang untuk DP 50 juta dan cicilan KPR 1,5 juta/ bulan (misal untuk 15 tahun), berarti penghasilan kotornya adalah:

300 ribu x 15 kamar - 1,5 juta = 3 juta

Katakanlah biaya listrik dan air 1 juta, maka didapat penghasilan bersih 2 juta/ bulan (4% perbulan). Belum lagi bonus rumah setelah 15 tahun, dengan asumsi tidak ada kenaikkan sewa selama 15 tahun.

Memaksimalkan pendapatan.. .
Ada beberapa cara memaksimalkan pendapatan rumah kos, pertama, yaitu dengan meminimalkan penggunaan air dan listrik. Caranya dengan mencari karyawan sebagai penyewanya (bukan mahasiswa). Survey membuktikan, karyawan lebih banyak menghabiskan waktunya di tempat kerja, daripada di rumah kos. Kedua berikan fasilitas lebih untuk menaikkan nilai sewa, seperti TV Cable, Hotspot, AC, sampai kamar mandi dalam. Ketiga, menambah pemasukkan sampingan seperti membuka kantin atau katering, laundry dan cleaning service.
Mungkin Anda nyeletuk,"Semuanya khan tetap pake duit beli rumahnya?". Nah, jika Anda gabungkan dengan artikel saya "Beli Rumah Dapat Duit", maka Anda bisa memiliki rumah kos tanpa duit, bahkan dapat duit saat belinya, yang "nyicil" orang lain, masih dikasih passive income lagi tiap bulannya, wow! Sekali lagi, nothing to loose untuk dicoba, iseng-iseng berhadiah.
FIGHT
Jaya Setiabudi
0819 818 919
www.yukbisnis.com





Tidak ada komentar: